Tips Food Fotografi AgaR Hasil Gambar Yang Di Ambil Menjadi Maksimal

0
214
Tips Food Fotografi

Alukikata.com, Aktivitas fotografi atau memotret sebuah objek dengan debuah konsep, kini dapat dilakukan siapa saja, tanpa berbekal kamera profesional dan hanya menggunakan kamera ponsel. Objek yang dijadikan model beragam mulai dari manusia, pemandangan hingga makanan. Nah kali ini kita akan memberikan tips food fotografi, food fotografi adalah aktivitas fotografi dengan objek utama sebuah makanan.

Food fotografi biasanya dilakukan oleh fotografer profesional, biasanya fotografer terebut mendapat permintaan dari klien sebuah restoran namun ada juga yang menjadikan food fotografi sebagai passion. Namun seiring perkembangan teknologi, kini siapapun dapat menjadi food fotografi, bermodalkan smartphone dengan kamera yang bagus siapapun dapat melakukanya.

Dengan kreatifitas makanan warteg menjadi objek fotografi yang menarik.

Biasanya hasil foto tersebut di unggah ke media sosialnya, uniknya ada orang yang memang hobi memotret makanan ada juga yang menjadikannya sebagai pekerjaan. Untuk kamu yang ingin mencoba food fotografi bisa mengikuti tips dibawah ini, dengan sebuah smartphone dan niat kamu dapat melakukan food fotografi ini.

Gunakan Objek Makanan Dengan Porsi Yang Sedikit

Biasanya orang akan menikmati makanan dengan sebuah porsi penuh, namun untuk food fotografi sebaiknya porsi makanan yang akan menjadi objek harus dalam porsi kecil. Dengan porsi kecil tersebut perhatian pada makanan akan lebih terfokuskan, selain itu kamu dapat mengatur makanan tersebut sesuai dengan konsep yang sedang digunakan.

Memotret Makanan Panas Dengan Segera

Jika kamu memiliki objek makanan dengan menu makanan seperti sup atau makanan berkuah lainya, sebaiknya segera lakukan pemotretan selagi makanan masih panas. Hal tersebut bertujuan agar uap atau asap yang keluar dari makanan dapat kamu abadikan, momen seperti itu dapat menghidupkan hasil food fotografi yang kamu lakukan.

Manfaatkan Cahaya Alami Dan Matikan Flash

Membuat hasil gambar yang baik dengan objek makanan, sebaiknya tidak menggunakan flash pada kamera ponsel. Cahaya flash tersebut dapat membuat tampilan makanan menjadi kurang baik, karena makanan mengandung banyak minyak atau kilauan sehingga jika terkena cahaya flash hasil akan kurang baik.

Kamu dapat memanfaatkan cahaya alami atau cahaya lamu yan terang, dengan begitu hasil gambar dari makanan yang kamu abadikan akan sangat bagus.

Gunakan Tripod

Tips food fotografi selanjutnya adalah dengan menggunakan tripod, kini sudah tersedia tripod untuk ponsel sehingga kamu dapat melakukan aktivitas fotografi dengan lebih baik. Dengan menggunakan tripod ini, kamu dapat mengambil sebuah gamber dengan sangat baik.

Pertahankan Warna Asli Dari Makanan Tersebut

Dalam fotografi mengedit sebuah foto adalah hal yang biasa, namun jika kamu sedang mengambil objek foto sebuah makanan sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengeditnya. Jika bisa pertahankan warna asli makanan tersebut, agar kesan alami dan keindahan warna dari makanan tersebut tidak berubah.

Mainkan Sudut Dengan Baik

Sepertinya memainkan angel atau sudut adalah tehnik fotografi dasar yang harus di kuasai siapapun, untuk mengambil gambar makanan sebaiknya perhatikan angle saat akan mengambil gambar. Makanan disajikan pada wadah yang berbeda-beda, hal tersebut akan mempengaruhi ketinggian dan lebar suatu objek yang akan kita ambil. Dengan memainkan angel tersebut, kamu akan mendapatkan hasil gambar yang sangat baik.

Menampilkan Bahan Dasar Makanan Tersebut

Untuk menambah keindahan pada objek makanan yang kamu ambil, kamu dapat menambahkan bahan makanan yang belum di olah sebagai hiasan disekeliling objek makanan utama. Hal ini dapat membuat hasil gambar yang kamu ambil memiliki tema dan terperinci, sehingga akan lebih menarik ketika kita abadikan.

Menampilkan bahan dasar makanan dapat menjadi konsep yang menarik.

Nah itulah tips food fotografi dengan menggunakan kamera smartphone, setelah mengambil gambar kamu tinggal menggunggah gambar tersebut ke media sosial tentunya dengan tujuan kamu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here