Bolehkah Pakai Uang Pinjaman Online untuk Keadaan Darurat?

0
179
pinjam uang keadaan darurat

Alukikata.com – Hampir tidak ada penyedia pinjaman uang online terpercaya yang melarang nasabah untuk menggunakan sebagian atau seluruh dana untuk keadaan darurat. Sebab, keadaan darurat bisa saja terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, bank atau fasilitator KTA online pun memaklumi. Namun, perhatikan hal-hal berikut ini lebih dulu saat mau pinjam.

Apakah Benar-Benar Darurat?

Pinjaman uang online terpercaya sangat menjunjung tinggi aspek kejujuran dari setiap nasabahnya. Sebab, setiap komunikasi yang terhubung hanya lewat media online atau tidak bertatap muka secara langsung. Data-data yang Anda berikan menjadi pertimbangan utama, apakah pengajuan pinjaman instan Anda ditolak atau disetujui.

Oleh karena itu, pada waktu mengisi formulir, ketik atau pilih tujuan penggunaan dana sesuai dengan fakta. Jangan sampai Anda memilih pinjaman untuk merenovasi rumah, tapi ternyata digunakan untuk berjudi. Selain dilarang, penyelewengan tujuan meminjam dana online juga akan memberatkan Anda di kemudian hari.

Apabila Anda hendak menggunakan dana pinjaman uang online terpercaya untuk keadaan darurat, pastikan dulu apakah memang betul-betul darurat atau tidak. Jangan-jangan hanya firasat Anda sendiri. Amat tidak disarankan dana pinjaman tersebut Anda gunakan untuk menutupi tunggakan atas pinjaman lain.

Nanti, malah terseret ke alur gali lubang tutup lubang. Keadaan darurat yang dimaksud meliputi kecelakaan, PHK, hendak melahirkan, atau untuk biaya berobat. Lain-lainnya minimal setara dengan keadaan darurat tersebut. Asalkan Anda sanggup melunasi pinjaman, tak mengapa mengajukan pinjaman pada waktu-waktu tersebut.

Berapa Jumlah Dana Darurat yang Ideal?

Setiap nasabah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terkait dana darurat yang hendak diajukan. Ada yang sedikit, ada yang lumayan banyak. Sesuaikan pula dengan kebijakan penyedia pinjaman uang online terpercaya. Misalnya di Tunaiku, Anda boleh memilih mengajukan pinjaman mulai dari 2 juta sampai dengan 20 juta Rupiah.

Untuk mengetahui jumlah dana darurat yang ideal, telusuri lagi berapa pengeluaran rutin yang Anda lakukan. Apabila Anda masih single atau belum berkeluarga, pilih dana darurat setidaknya 3 kali biaya hidup rata-rata. Sebab, kebutuhan yang Anda miliki belum sebanyak ketika sudah berkeluarga.

Apabila Anda sudah memiliki pasangan tapi belum punya anak, ajukan dana pinjaman uang online terpercaya sebanyak 6 kali biaya hidup rata-rata. Sementara untuk yang sudah berkeluarga dan punya satu anak, pilih dana darurat sebesar 9 kali biaya hidup rata-rata. Semakin besar tanggungan hidup Anda, maka biaya darurat yang dibutuhkan lebih tinggi.

Besaran dana darurat yang dibutuhkan juga amat tergantung pada usia Anda, pasangan, serta anak-anak. Kebutuhan yang boleh difasilitasi dengan dana pinjaman uang online terpercaya harus bersifat pokok. Bukan sekunder? Bukan. Kalau ternyata untuk memenuhi kebutuhan sekunder, tidak termasuk dalam keadaan darurat, bukan?

Seringkah Bikin Anggaran dan Mengecek Kondisi Keuangan?

Pinjaman uang online terpercaya hanya untuk orang-orang yang juga terpercaya. Oleh karena itu, apabila Anda hendak menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan darurat, minimal sudah sering bikin anggaran pribadi. Sering pula mengecek kondisi keuangan agar tahu apakah Anda nantinya mampu melunasi pinjaman atau tidak.

Soalnya dana darurat tersebut berpotensi akan Anda habiskan. Baik separuh atau seluruhnya. Berbeda dengan nasabah yang menggunakan dana pinjaman untuk berwirausaha. Ketika Anda sering bikin anggaran pribadi, minimal sudah tahu total pinjaman yang akan Anda ajukan. Toh sekarang sudah banyak aplikasi mobile atau dekstop.

Tinggal masukkan angka dan data-data pengeluaran, langsung kelihatan hasilnya. Bisa pula dengan menggunakan aplikasi berbasis website. Setelah tahu anggaran setiap bulannya, barulah Anda ajukan pinjaman uang online terpercaya. Di Tunaiku, proses pengajuan pinjaman sampai cair tidak sampai memakan waktu 3 hari.

Cara tersebut sangat efektif. Khususnya untuk Anda yang baru dalam hal meminjam uang online untuk kebutuhan darurat. Meminjam uang online untuk kebutuhan darurat adalah sikap seorang yang mandiri. Daripada utang ke teman atau keluarga, nanti malah ada perasaan tidak nyaman. Apalagi kalau pihak yang Anda pinjam sering nagih-nagih.

Pertimbangkan Kondisi Ekonomi Negara ke Depannya

Pinjaman uang online terpercaya ada yang menggunakan bunga flat dan bunga efektif. Apa pun jenis bunganya, Anda tetap wajib mempertimbangkan kondisi ekonomi negara untuk beberapa tahun ke depan. Salah satu permasalahan nasional yang semakin serius adalah inflasi. Ketika inflasi meningkat, maka nilai uang Rupiah melemah.

Tingkat inflasi bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Mulai dari over-produksi uang Rupiah, terlalu banyak WNI yang tukar mata uang asing ke Rupiah, paceklik sumber keuangan negara, dan lain-lain. Anda bisa menyimak setiap berita terkait ekonomi negara lewat berita di televisi, berita online, maupun lewat berita di media cetak.

Apabila tidak dipertimbangkan, bukannya terbantu, justru akan semakin terdesak. Terutama karena adanya peningkatan kebutuhan sehari-hari. Apabila pendapatan tidak kunjung di-upgrade, pinjaman yang hanya sekian juta Rupiah tetap terasa berat. Oleh karena itu, ajukan pinjaman uang online terpercaya sesuai dengan kadar kesanggupan Anda.

Ketika ekonomi negara memburuk, bisa jadi hal pahit di era pemerintahan mantan Presiden Soeharto terulang. Banyaknya kerusuhan, PHK, dan berujung pada ketidakberdayaan nilai mata uang negara. Kalau Anda kena PHK, apa yang bisa Anda lakukan dalam keadaan masih utang banyak?

Pahami Kondisi Baik dan Buruk saat Mengajukan KTA

Sebelum mengajukan pinjaman uang online terpercaya, pahami dulu kondisi terbaik dan terburuk. Ada dua sebab umum kenapa seseorang butuh dana darurat. Pertama karena disebabkan oleh antisipasi terhadap kejadian tak terduga yang belum terjadi. Baiknya, kalau Anda ingin meminjam untuk kondisi ini, ajukan jauh-jauh hari.

Setelah dana darurat berhasil dicairkan, usahakan untuk selalu menyisihkan penghasilan bulanan. Nantinya, uang yang Anda sisihkan bisa berguna untuk membantu cicilan saat kejadian tak terduga tersebut ternyata memakan banyak biaya. Meskipun agak terpaksa, inilah solusi terbaik yang bisa Anda terapkan.

Salah satu contoh untuk kondisi tersebut adalah PHK dikarenakan invasi dari teknologi praktis pengganti tugas manusia. Sekarang ini sudah cukup banyak perusahaan yang menggunakan alat-alat canggih dan akhirnya cuma mempekerjakan operator produksi. Berhubung Anda sudah mempersiapkan diri, nantinya dana tersebut bisa dipakai untuk bikin usaha.

Kedua, mengajukan pinjaman uang online terpercaya setelah kejadian tak terduga terjadi. Hal yang paling sering dialami adalah kecelakaan, kebakaran rumah, kena gempa, dan bencana alam lainnya. Pada kondisi ini, kejadian yang terjadi begitu mendadak. Sampai-sampai Anda tidak memiliki opsi lain selain meminjam dana darurat.

Kondisi pasca meminjam dana darurat memang terkesan memberatkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda minta bantuan rekan atau orang lain yang sama-sama terkena musibah untuk patungnya. Sedangkan pengajuan pinjaman tersebut atas nama Anda. Dengan begitu, saat mencicil jadi tidak terlalu berat.

Salah satu tempat terbaik untuk meminjam dana darurat ada di Tunaiku. Sebagai fasilitator pinjaman uang online terpercaya, Tunaiku selalu terbuka untuk calon nasabah mana pun. Masa tenor di Tunaiku juga tergolong panjang, yakni maksimal 20 bulan. Sembari mencicil, Anda bisa menyusun lembaran hidup baru demi peningkatan taraf hidup sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here